15 Manfaat Buah Burahol atau Buah Kepel Untuk Kesehatan Tubuh Kita dan Mencegah Penyakit

Manfaat Buah Burahol
Apakah kamu pernah nama buah yang satu ini, yang mungkin terdengar asing bagi kamu, bahkan kamu baru pertama kali mendengarnya yaitu Buah kepel atau buah Burahol. Buah kepel yang mempunyai bahasa latin Stelechocarpus burahol, atau biasa pula dinamakan burahol, ialah buah yang ternyata berasal dari Indonesia. Tepatnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah kepel kini sudah paling jarang ditemukan, susah untuk mengejar buah ini di pasaran atau memahami siapa yang mempunyai pohon buah ini di pekarangan rumahnya. Buah kepel dipercayai lazim dikonsumsi anggota kerajaan terutama semua putri raja dan hadir isu bahwa rakyat biasa dilarang menanam/mengonsumsi buah ini.



Buah kepel yang pohonnya dapat tumbuh sampai 20 meter ini mempunyai kulit berwarna kecokelatan dengan daging berwarna oranye. Seperti pohon yang tumbuh di wilayah tropis pada umumnya, perkembangan pohon ini lambat dan perlu waktu lama dari menempatkan biji pohon hingga dapat berbuah, yakni sekitar 8-9 tahun. Ketika buah kepel masak di pohon, maka akan diperoleh buah rasa yang paling manis.

Manfaat Buah Burahol atau Buah Kepel

1. Menghilangkan Bau Badan

Pada zaman dahulu, buah ini dipercayai dapat menghilangkan bau tidak sedap yang hadir dari mulut, badan, dan zat sekresi manusia. Hal ini diperlihatkan oleh riset pada tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Research Journal of Medicinal Plants yang dicobakan pada tikus. Hasil penelitian mengindikasikan penurunan kadar amonia dan methyl-mercaptan (dua zat sisa pengasingan yang mengakibatkan bau tidak sedap) yang ada pada feses tikus dengan menyerahkan bubuk sari buah kepel secara oral pada tikus. Penelitian tersebut memutuskan bahwa buah ini ialah absorbent agent yang baik sampai-sampai dapat menyingkirkan wewangian tidak sedap dari zat pengasingan semacam keringat, urine, dan feses.

2. Mengatasi Masalah Asam Urat

Buah kepel disinggung mempunyai komponen mempunyai sifat antihyperuricemic, yakni komponen yang bertugas guna mengoreksi keunggulan atau kelemahan kadar asam urat dalam tubuh. Bila kita mempunyai kadar asam urat yang tinggi dalam darah (hyperuricemia), urusan ini diakibatkan oleh timbulnya asam urat pada purin. Kelebihan ini bisa dikontrol oleh komponen antihyperuricemic.

Sejatinya Anda melulu harus menjaga ekuilibrium kadar zat dalam darah Anda. Tidak butuh merendahkan atau menurunkan sampai batas sangat rendah, lumayan jaga supaya level asam urat seimbang/tidak melebihi batas sewajarnya telah merupakan teknik hidup yang sehat. Hal ini pun berlaku pada kadar gula serta kolesterol baik dan jahat dalam tubuh Anda.

3. Mengobati Encok

Buah kepel juga dapat digunakan untuk menanggulangi sakit encok, yakni dengan memanfaatkan daun yang tumbuh di pohonnya. Caranya: ambil 7-8 helai daun kepel dan rebus bareng dua gelas air (400 ml). Biarkan hingga mendidih dan volume air menyusut sampai sekitar satu cawan saja (150 ml), kemudian minum air tersebut ketika hangat. Konsumsi secara rutin, 2-3 kali sehari.

4. Mengobati Masalah Ginjal

Buah kepel dapat juga dipakai untuk menanggulangi peradangan pada ginjal. Caranya mudah, yakni dengan memakan dua buah kepel yang sudah masak masing-masing hari. Namun perlu diacuhkan bahwa Anda mesti meminum air dengan jumlah yang cukup supaya kinerja ginjal tetap baik. Dengan mengawal kesehatan ginjal, buah kepel juga dominan untuk menangkal pembentukan batu ginjal, masalah yang umum hadir pada orang dengan ganggunan ginjal.

5. Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Saluran kandung kemih bersangkutan dengan ginjal sebab hasil saldo pemrosesan makanan oleh tubuh yang dilaksanakan di ginjal (berupa urine) bakal terbuang melewati organ ini. Bila ginjal bersih dan sehat, tidak merasakan masalah berupa adanya batu ginjal dsb, maka drainase kemih pun akan bersih. Dan sebab saluran kemih ialah organ yang paling barangkali dihinggapi bakteri, jagalah kebersihannya supaya proses pengasingan zat sekresi Anda bisa tetap berlangsung dengan lancar.

6. Kaya bakal Serat

Sama dengan buah lainnya, laksana apel, buah naga, jeruk, dll, buah kepel berisi tidak sedikit serat sampai-sampai baik untuk Anda yang sedang menata pola santap (diet). Serat pun membantu Anda guna merasa kenyang sampai-sampai Anda bakal dapat mengontrol nafsu makan. Dengan demikian pula Anda dapat menghindari kelaziman buruk berupa santap berlebih (lewat porsi yang semestinya) ketika jam santap tiba.

7. Sumber Energi yang Baik

Buah kepel yang masak rasanya dapat sangat manis. Karena urusan inilah, buah kepel yang berisi tidak sedikit gula dapat menyerahkan sumber energi lebih. Gula yang dikonsumsi oleh tubuh akan diolah menjadi energi oleh enzim, dan energi itu merupakan hal penting untuk organ-organ tubuh anda untuk bermanfaat secara maksimal, juga berfungsi untuk Anda ketika beraktivitas. Tidak perlu terlampau khawatir, meskipun manis, tetapi gula alami yang berasal dari buah-buahan (fruktosa) ialah aman dikonsumsi sebab sebagian besar terurai menjadi glukosa dan laktat di hati, yang kemudian menjadi energi untuk tubuh.

8. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Probiotik ialah bakteri bersahabat yang bermukim dan berkembang biak dalam tubuh, dan bertugas untuk mengawal kesehatan sistem pencernaan. Buah kepel adalahprebiotik, yakni jenis makanan yang yang dikonsumsi oleh probiotik (bakteri). Dengan memakan buah kepel, Anda bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri itu di dalam tubuh, khususnya di usus, sampai-sampai Anda dapat mengawal kesehatan sistem pencernaan Anda.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sama laksana encok, daun kepel pun dapat dipakai untuk menanggulangi kolesterol. Atau lebih tepat, menyeimbangkan level kolesterol jahat (HDL) dalam darah. Rebus daun kepel sejumlah 7-8 eksemplar ke dalam tiga gelas air, didihkan sampai air rebusan tersisa satu cangkir. Minum secara rutin masing-masing hari. Atau, bila Anda doyan, daun kepel pun dapat dimakan langsung sebagai lalapan.

10. Sebagai Alat Kontrasepsi

Nah, guna yang satu ini sebetulnya untuk trivia saja. Karena sebetulnya belum pernah ada riset yang membuktikan keterampilan buah kepel yang satu ini. Namun orang-orang tua, khususnya yang masih tinggal di dekat keraton Yogyakarta, menuliskan bahwa pada zaman dahulu wanita yang hendak hamil dilarang mengonsumsi buah ini. Atau untuk mereka yang memang tidak/belum hendak hamil, mesti mengonsumsi buah ini sebab dapat menciptakan perempuan tidak subur secara temporer, sampai-sampai buah ini pun disebut perangkat kontrasepsi alami. Tapi untuk guna yang satu ini, kami tidak berani jamin, ya, kebenarannya. Silahkan diusahakan sendiri bila berani.

11. Menghilangkan Basu Nafas Tak Segar
12. Menghilangkan Bau Badan
13. Sebagai Penunda KEHAMILAN Alami
14. Sebagai Pengharum Badan
15. Sebagai Pelanjar Air Seni


Terkait:
manfaat buah burahol
manfaat pohon burahol
manfaat stelechocarpus burahol
manfaat daun burahol
manfaat burahol
khasiat buah burahol
khasiat daun burahol
manfaat buah kepel untuk ibu hamil
manfaat kulit buah kepel
manfaat daun buah kepel
apa manfaat buah kepel
manfaat daun dan buah kepel
kandungan dan manfaat buah kepel
manfaat biji buah kepel
manfaat buah kepel
manfaat buah kepel untuk kesehatan
manfaat buah kepel bagi kesehatan
manfaat dan khasiat buah kepel
khasiat buah kepel untuk kesehatan

0 komentar